Subscribe:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blog Archive

Kamis, Juni 01, 2017

Komunikasi Produktif Day #1

Menerima tantangan 10 hari menata komunikasi yang produktif di keluarga bagi saya di usia yang menuju penghujung kepala tiga terus terang tidaklah mudah. Namun demi perbaikan keluarga, saya ambil tantangan ini. Bismillaah

Setelah membaca berulang materi Komunikasi Produktif, mencermati poin-poinnya, saya malah mendapati hal lain yang musti saya benahi dalam komunikasi dengan suami dan anak-anak.

Perhatian (attention) yang terkadang sangat "alakadarnya" dari saya pada suami dan anak-anak saat merespon pembicaraan mereka. Seringkali saya menjawab dan menanggapi obrolan dengan tangan menggenggam hp dan mata tak beranjak dari layarnya :(. Lain waktu saya menjawab sambil serius memelototi buku yg sedang asyik dibaca :( atau saya jawab ocehan anak-anak sembari masak, ngurus cucian dan segambreng kerjaan lain yang ngantri di pikiran untuk segera diselesaikan.

Berangkat dari kesadaran saya bahwa hal diatas perlu untuk dibenahi, maka saya pilih untuk memperbaiki masalah PERHATIAN saat berkomunikasi.

***

Dibawah ini saya susun langkah yang akan dilakukan :

Perbaiki PERHATIAN (attention) saat berkomunikasi dengan suami dan anak-anak

Langkah-langkah yang akan dilakukan saat proses komunikasi berlangsung

1. Skip sementara aktifitas yang dilakukan (beri tanda baik fisik ataupun di pikiran posisi terakhir agar tidak lupa)
2. Fokus pada lawan komunikasi (suami atau anak) dan proses komunikasi
3. Hadapkan badan
4. Eyes Contact
5. Upayakan perhatian penuh
6. Cerna informasi
7. Beri respon TERBAIK hingga TUNTAS

***

Di hari pertama mencoba tantangan ini. Masih terasa agak kikuk dan tegang hehehe. Berusaha menegakkan kesadaran untuk merespon obrolan suami dan anak-anak dengan full attention. Ternyata yang harus diwaspadai adalah ketika memegang hp. Saya sempat "delay" beberapa detik merespon saat suami menanyakan urusan optik.

Si tengah sempat nyeletuk " ibu klo diajakin ngobrol kadang suka kaya ga denger, terus bilang "hah" terus nanya lagi tadi ngomong apa ...." astaghfirulloh jleb banget curhat si tengah tadi siang saat saya menyengaja mengajaknya curhat.

Hal luar biasa yang saya temukan hari ini adalah saat sedapat mungkin, sesering mungkin menangkap tatapan suami dan anak-anak saat berbicara. Maa Syaa Alloh kutemukan telaga dalam tatap mata mereka. Ada rasa yang sulit terdefinisikan menyelinap di dinding hati saat berbicara sembari beradu pandang dengan mereka. Hal yang sekian lama tak saya sadari dan syukuri.

Alhamdulillaah hari pertama dibuka dengan membangun kesadaran poin poin yang musti dibenahi sekaligus warming up menjalankan langkah-langkah perbaikan yang ingin dijalankan.

Semoga esok lebih baik.

#Tantangan10Hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBunSayIIP
#GamesLevel1
#BunSayBatch2
#Day1



0 komentar: