Subscribe:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blog Archive

Jumat, Juni 02, 2017

Komunikasi Produktif Day #2

Masuk ke hari kedua tantangan 10 hari Komunikasi produktif, dilakoni lebih rileks, ketegangan di hari pertama mulai menurun.

***

Si sulung mulai masuk sekolah. Jadi komunikasi saya dengan si sulung saat makan sahur, ba'da Ashar sampai waktu berbuka  sebelum berangkat ke masjid.

Komunikasi lebih lancar. Di waktu2 diatas saya mulai bisa menahan tidak memegang hp sehingga obrolan berjalan lebih intens dan natural. Satu hal yang saya dapati saat ngobrol dengan si sulung. Ia seperti sedikit menghindari tatapan mata saya. Entah apa motifnya. Sepertinya menarik untuk dicermati.

***

Naaah
Membahas si tengah lebih menantang nih. Jadwal belajarnya berantakan karena nyaris seharian main dengan alasan ngabuburit. Sampai jadwal sholatpun keteteran.

Dengan karakter bawaannya yang lebih keras dan keukeuh ditambah pembawaan air mukanya, nada bicaranya yang tiba-tiba meninggi seperti sedang marah sering jadi pemantik emosi saya.

Saat diingatkan waktu sholat dan diajak sholat kontan jawab "ga ah" dengan wajah yang saya baca seperti menantang saya untuk marah.

Alhamdulillaah, dengan tantangan komprod ini kesadaran saya untuk dalam mode siaga saat berkomunikasi mulai terbangun.

Biasanya saat menghadapi situasi diatas respon saya spontan mengomentari dengan nasihat plus omelan panjang dengan nada meninggi.

Hari ini respon itu berhasil saya kandangkan. Meski masih menarik napas panjang :D. Saya berusaha menghadapkan muka dan badan saya, menangkap tatap mata si tengah, merendahkan suara dan kata-kata yang keluarpun mulai terkontrol.

Hasilnya si tengah mau pergi berwudhu dan sholat tanpa kata "ga ah" dan wajah mengkerut dan alis keriting :D. Alhamdulillaah

***

Lain lagi dengan si bungsu. Ini hari pertama saya shaum. Tantangannya lumayan dari si bungsu. N*n*nnya tambah sering dan lebih lengket sama saya. Ga mau sama Bapanya. Walhasil beberapa agenda belum tertunaikan karena interupsi si bungsu yang ga kenal waktu dan jadwal si emak.

Tiap saya pegang Qur'an untuk tilawah atau pegang hp untuk membaca dan balas chat si bungsu protes, merengek meminta untuk menyingkirkan benda2 yang jadi saingannya.

Hari ini saya belajar untuk merelakan to do list sebagian tak tertunaikan (tanpa merasa stress dan bersalah berlebihan). Sy fokuskan untuk berlatih memberikan full attention kepada di bungsu. Membalas tatapannya saat menyusui, meluluskan keinginannya saat mengajak bermain dan menyuapinya tanpa saya selingi dengan memegang hp. Alhamdulillaah berhasil and I feel happy.

***

Komunikasi saya dengan suami tadi pagi dimulai dengan obrolan agak serius tentang visi misi keluarga. Ada beberapa poin yang harus kami cari irisannya. Sempat agak menegang walau akhirnya kami sama-sama tersadar wajarlah beberapa hal berbeda. Lha wong FoE dan FoR kami kan tidak 100% sama.

O yaa, tadi pagi ada aktifitas insidental yg kami kerjakan. Listrik di rumah nyala mati- nyala mati sejak semalam. Dan saat sahur mati total. Jadilah pagi menuju siang kami mengurusi kelistrikan rumah dengan memanggil tukang. Rupa-rupanya ada beberapa alat yg harus diganti. Dan ternyata mesin jet pump adalah sebab utamanya. Si jet pump musti diservice. Alhamdulillaah kalo berhadapan dengan "musuh bersama" komunikasi dan gerak saya dan suami bisa dibilang kompak. Salah satu buah perjalanan 15 tahun pernikahan. Alhamdulillaah. Jelang sholat Jum'at urusan kelistrikan kelar. Tinggal urusan jetpump karena si tukang sedang bertugas di tempat lain. Lanjut esok In Syaa Alloh.

Selebihnya komunikasi saya dengan suami hari ini relatif lancar.

Satu hal yang harus mulai dibiasakan lagi adalah membangun eye contact dengan suami, dan menghadirkan perhatian penuh saat berbicara meski hanya obrolan ringan dan ngalor ngidul. Pe Er hari berikutnya nih.

***

Terima kasih Yaa Alloh untuk ilmu dan kesempatan memperbaiki diri hari ini. Semoga Engkau berkenan membukukannya dalam catatan amal sholih hamba. Aamiin

#Tantangan10Hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBunSayIIP
#GamesLevel1
#BunSayBatch2
#Day2


0 komentar: