Subscribe:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blog Archive

Kamis, Februari 09, 2017

Izinkan Hatimu Memaafkan

Setiap manusia punya masa lalu dengan aneka peristiwa serta kenangan baik yang membahagiakan atau menyisakan duka dan luka.


Apa yang terjadi dalam kotak pikiran dan cawan perasaan kita saat peristiwa duka itu masih menyisakan luka?


Saat pemicu terpetik, luka akan kembali terbuka. Rasa sakit, sedih, dendam diam-diam akan menyeruak ke permukaan. Dan itu mengganngu hidup kita hari ini dan mungkin masa depan kita.


Lantas, bagaimana agar berbagai peristiwa masa lalu itu tak mengintervensi masa kini dan masa depan kita?


Salah satunya obatnya adalah dengan MEMAAFKAN. Satu kata yang mudah diucapkan namun nampak sulit diamalkan. Kabar baiknya, sulit bukan berarti tak bisa dilakukan. Syaratnya adalah bertindak dengan kemauan yang kuat.


Dengan mengingat urgentnya menapaki masa kini dan masa depan tanpa "sampah-sampah" pikiran serta perasaan, maka bertindak memaafkan menjadi langkah penting "membersihkan jalan" yang akan kita tapaki hari ini, lusa dan rangkaian hari-hari berikutnya.


Setelah sampah-sampah di pikiran dan perasaan, kita singkirkan. Bukankah terasa lebih lapang dan nyaman terasa  jalan yang akan kita lalui di hari-hari mendatang?


Maka maafkanlah ....


2 komentar:

Feriyana Sari mengatakan...

Kalau masalah sepele sih bisa dengan mudah memaafkan kak. Tapi kalau sudah sangat menyakiyi hati, saya masih sulit untuk memaafkan. & itu PR terbesar saya. Untungnya cuma 1 orang yg hati ini berat banget buat maafin.

Jejak Katumbiri mengatakan...

Setuju sama tulisan ini. Tapi prakteknya berat 😣

Salam kenal,
-Tatat