Subscribe:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blog Archive

Selasa, Februari 25, 2014

Persiapan "belajar" Membaca untuk Vira

Mulai 17/02/2014 kemarin Ibu mulai fokus membuka jalan belajar membaca untuk Vira, Salah satu pertimbangannnya adalah karena hampir setiap kali dibacakan buku atau "membaca sendiri" 
Vira sering menanyakan tulisan yang ada di buku tersebut. Ibu melihat ini sebagai salah satu sinyal bahwa ia mulai tertarik dengan bacaan/teks dalam buku. 

Selama dua minggu ini ibu mengenalkan huruf vokal dan bunyinya dengan media flashcard dikombinasi dengan tebak-tebakan huruf, biasanya dilakukan sebelum tidur atau terkadang di waktu tak tentu saat Vira minta tebak-tebakan. Target ibu dalam sehari ada waktu untuk memberikan stimulasi baik kognitif atau afektif untuk kegiatan membaca

Di waktu lain, jika bosan dengan flashcard, ibu mengajak Vira bermain "Cari huruf" di benda apapun yang ada di rumah, di buku yang ibu baca, di tablet, baju sampai di boneka beruang kecil temannya tidur. 

Sebenarnya ibu masih belum ajeg memilih satu metode untuk mengajarkan membaca kepada Vira. Pertimbangan ibu mengenalkan huruf vokal terlebih dahulu adalah karena kelima huruf itu pasti sering dijumpai. Menanamkan citra di memorinya bahwa misalnya yang berbentuk bulat itu berbunyi "o". Mengenal perbedaan bunyi-bunyi itulah yang penting (menurut saya). 

Sambil berjalan, ibu juga harus lebih rajin menggali ilmu mengenai dunia baca membaca ini. Salah satu yang menarik adalah yang saya temukan di tulisan ini.

Tanda-tanda kesiapan membaca:

1. Apakah anak sudah dapat memahami bahasa lisan?
2. Apakah anak sudah dapat mengujarkan kata-kata dengan jelas?
3. Apakah anak sudah dapat mengingat kata-kata?
4. Apakah anak sudah dapat mengujarkan bunyi huruf?
5. Apakah anak sudah menunjukkan minat membaca?
6. Apakah anak sudah dapat membedakan bunyi dengan baik?


 Jika melihat keenam poin diatas, sepertinya poin 4 dan 6 saja yang masih memerlukan banyak latihan sehubungan dengan lidahnya yang masih "cadel". :)

Mimpi ibu adalah Vira bisa dan biasa membaca sebagai gaya hidupnya menguak perbendaharaan ilmu Alloh di dunia agar mudah mendekat padaNya.  Aamiin


0 komentar: