Subscribe:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blog Archive

Senin, Februari 03, 2014

Belajar Tidur Sendiri

Tengah malam lewat sudah, jam dinding menunjuk pukul 01.21, ditemani hujan rintik saya berupaya menepati janji pada daftar kerja hari ini.

Kali ini Vira yang ingin saya ceritakan. Sejak akhir Desember kemarin Vira beberapa kali berbicara pada saya tentang niatnya untuk tidur di kasurnya sendiri. Saya tanya berulang kali dan jawabannya sama karena dede bayi sebentar lagi lahir :).

Tentu, saya sambut dengan baik keinginannya. Kasurnya sudah "duduk manis" sekitar setahun yang lalu, tapi rupanya "inspirasi" baru datang belakangan ini, tak apa, semua ada waktunya.

Sudah tiga hari Vira tidur di kasurnya sendiri. Malam pertama lulus dengan ditemani ibu hingga pagi. Malam kedua setelah ritual "pepende" dan saya lihat dia telah terlelap, saya kembali ke tempat tidur saya, ehhhh tengah malam si Neng cantik "lilir" dan rindu harum keringat ibu alias nempel lagi. Malam ketiga lulus sempurna tidur sampai pagi tanpa ditemani semalaman.

Malam berikutnya??.Masih jadi misteri. Yang jelas perjelas "goal",  jalani...nikmati prosesnya dan sabar serta syukur dengan hasilnya. InsyaAlloh

Oh ya, ada sedikit oleh-oleh dari artikel yang saya baca sebelum memulai tulisan ini. Ada beberapa tips agar anak bisa tidur di kamarnya sendiri. Berikut tipsnya :

1. Cari tahu apa yang membuat anak ingin tetap tidur bersama kita. Cari solusi untuk hal tersebut

2. Ada ritual sebelum tidur agar alam bawah sadarnya mengkondisikan untuk lekas tidur. Misalnya dibacakan buku, dinyanyikan lagu, dibacakan ayat Al qur an atau bercerita.

3. Berikan "perlindugan" agar anak berani serta nyaman tidur sendiri. Misal diberi guling atau boneka untuk didekap, juga yakinkan bahwa Alloh senantiasa melindunginya.

4. Atur cahaya yang sesuai sehingga anak merasa nyaman dengan suasana kamarnya.

5. Terus usahakan, jangan mudah menyerah, menerapkan kebiasaan bukan pekerjaan instan

Selamat bersabar dan berbahagia menjalani proses :) :) (motivation for myself)

0 komentar: