Subscribe:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blog Archive

Minggu, Maret 19, 2017

MISI HIDUP DAN PRODUKTIFITAS

MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS

Bunda, setelah di materi sesi #8 kita belajar tentang bagaimana pentingnya menemukan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga. Maka saat ini kita akan lebih menggali bagaimana menerapkannya secara teknis sbb :

a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7)

b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE  DO HAVE” di bawah ini :
1. Kita ingin menjadi apa ? (BE)
2. Kita ingin melakukan apa ? (DO)
3. Kita ingin memiliki apa? (HAVE)

c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:
1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)
2.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan ( strategic plan)
3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)

Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH

***

Sampai di minggu ke 8 bergabung program di matrikulasi IIP batch #3 ini "memaksAamiin untuk terus memeriksa diri dan menggali lebih dalam diri saya dan misi hidup saya. Pelan-pelan makin tergambar goal hidup yang akan dituju dan itu membuat aktifitas lebih fokus dan terarah. Meski masih tertatih dan sering disabotase hal-hal negatif, tetap saya syukuri. Alhamdulillaah .

***

Oya, pekan kemarin grup kami kedatangan tamu istimewa. Bu Septi Peni Wulandari berkenan mampir 30 menit di grup kami. Bahagianya :).. Kesempatan langka ini tak saya sia-siakan. Sesi pertanyaan saya manfaatkan untuk men"curhat"kan  kegalauan saya.

"It is good to do what you love, but the secret of life is love what you do"

Itu petikan jawaban dari Bu Septi atas kegalauan saya. Ngena banget.

Beberapa poin dari jawaban beliau yang jadi salah satu pertimbangan saya untuk mengambil langkah ke depan diantaranya

Belajar untuk mencintai apa yang "harus" dikerjakanCari mutiara dalam lumpur. Temukan hikmah dibalik aktifitas yang dilakukanSematkan impian sebagai penyemangat dalam setiap langkah.Jika ada aktifitas yang tidak begitu disukai namun menuntut untuk dikerjakan. Cobalah bertahan untuk tetap melakukannya. Bangun sistem agar aktifitas tersebut bisa didelegasikan suatu saat. Dan kita bisa berpindah kuadran.

Dari poin-poin diatas saya mulai mantap memilih aktifitas yang akan diprioritaskan untuk ditekuni dan disistemkan.

***

Aktifitas yang saya pilih adalah mengelola optik dan membangun sistemnya.

***

Menjawab BE DO HAVE. 

Ingin menjadi apa?

Saya ingin optik menjadi salah satu kran utama penghasilan keluarga yang mengalir deras, memenuhi kebutuhan keluarga dan dapat didistribusikan untuk kemaslahatan ummat. Terbangun sistem yang kuat mengakar.

Mau mengerjakan apa?

Turun gunung. Mengenali  menjiwai dan melakukan aktifitas keoptikan (a sampai z)Mulai membuat SOP. KPI , pemetaan jabatan serta jobdesknya.Menguatkan lini marketing dan sellingMembangun jaringan suplier dan investor

Ingin memiliki apa?

Saya ingin memiliki optik pusat dan beberapa cabang dengan sistem yang kuat mengakar dan terus tumbuh dengan cashflow positif dan budaya kerja yang memberdayakan.

***

Lantas apa goalnya (berkaitan dengan waktu) ???

LIFETIME PURPOSE (kurun waktu kehidupan)

Saya ingin optik menjadi salah satu kran utama penghasilan keluarga yang mengalir deras, memenuhi kebutuhan keluarga dan dapat didistribusikan untuk kemaslahatan ummat.

Saya ingin memiliki optik pusat dan beberapa cabang dengan sistem yang kuat mengakar dan terus tumbuh dengan cashflow positif dan budaya kerja yang memberdayakan.

STRATEGIC PLAN (5-10 tahun)

Memiliki 1 optik pusat dan 5 cabang di Jawa Barat dengan kriteria diatas. Aamiin

NEW YEAR RESOLUTION (1 tahun kedepan)

2017

1. Fokus marketing dan selling (offline dan online)
2. Mengupayakan cashflow positif. Terpenuhi operasional usaha, kebutuhan primer keluarga dan simpanan pengembangan usaha
3. Merintis membangun sistem
4. Punya karyawan

2018

1. Mempertahankan cashflow tetap positif
2. Fokus pengembangan lini produksi, inovasi dan differensiasi produk dan layanan
3. Jobdesk SOP KPI running sudah punya karyawan tetap dan freelancer

2019

1. Sistem usaha jalan.
2. Monitoring teknis harian
3. Menjajakan membuat cabang
4. Membangun jaringan investor

2020

1. Menjaga cashflow tetap positif
2. Mendapatkan investor yang satu frekuensi
3. Pecah telur 1 cabang

2021

1. Cashflow positif
2. Cabang ke 2
3. Membangun divisi CSR

Demikian cita-cita besar saya. Apa yang saya impikan semoga selaras dengan yang Alloh gariskan dalam hidup saya.

Saya sungguh sungguh berharap apa yang dilakoni dan akan ditapaki ke kedapan Alloh bukukan lewat malaikat malaikan pencatatnya sebagai amal sholih pemberat timbangan. Pinta saya pada Dia yang Maha Penyayang semoga menuntun langkah agar senantiasa ada dalam pagar-pagar ridhoNya. Aamiin

... Allohumma yassirlana umuurona fiddunyaa wal aakhiroh. ....


0 komentar: