Subscribe:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blog Archive

Minggu, Maret 12, 2017

Memeriksa Potensi Diri, Membuka Gerbang Ibu Produktif

_Nice Homework #7_

*TAHAPAN MENUJU BUNDA PRODUKTIF*

Bunda dan calon bunda yang masih semangat belajar sampai NHW #7.  Selamat, anda sudah melampaui tahap demi tahap belajar kita dengan sabar.

Setelah kita berusaha mengetahui diri kita lewat NHW -NHW sebelumnya, kali ini kita akan mengkonfirmasi apa yang sudah kita temukan selama ini dengan tools yang sudah dibuat oleh Abah Rama di Talents Mapping.

Segera cocokkan hasil temu bakat tersebut dengan pengalaman yang sudah pernah teman-teman  tulis di NHW#1 – NHW #6
Semua ini ditujukan  agar kita bisa masuk di ranah produktif dengan BAHAGIA.

🍀 Ketahuilah tipe kekuatan diri (strenght typology) teman-teman, dengan cara sbb :

1⃣masuk ke www.temubakat.com

2⃣isi nama lengkap anda, dan isi nama organisasi : Ibu Profesional
jawab Questioner yang ada disana, setelah itu download hasilnya

3⃣Amati hasil dan konfirmasi ulang dengan apa yg anda rasakan selama ini.

4⃣ Lampirkan hasil ST30 (Strenght Typology) di Nice Homework #7

🍀 Buatlah kuadran aktifitas, boleh lebih dari 1 aktivitas di setiap kuadran

Kuadran  1 : Aktivitas yang anda SUKA dan anda BISA

Kuadran 2  : Aktivitas yang anda SUKA tetapi  andaTIDAK BISA

Kuadran 3 : Aktivitas yang anda TIDAK SUKA tetapi anda  BISA

Kuadran 4: Aktivitas yang anda TIDAK SUKA dan anda TIDAK BISA

***

Setelah mengikuti tes dari www.temubakat.com nya Abah Rama dan melihat hasilnya, kesan pertama saya adalah menganggukkan kepala karena kebanyakan hasilnya sesuai dengan apa yang saya rasakan dan saya alami saat ini.

Namun ada juga sedikit yang masih jadi pertanyaan saya. Di beberapa point potensi kelemahan saya yang hati kecil saya belum mau mengakui. Ahahaha. Entah kenapa. Saya merasa itu bukan kelemahan saya. Memang iitu bukan bakat saya, tapi saya telah berjuang sekuat tenaga mengupgrade diri melengkapi skill saya. Empat point yang masih jadi pertanyaan saya adalah commander, marketer, seller dan visionary.

Itu sekedar curhat saja. Sepertinya hal ini menarik untuk dianalisis lebih detil agar lebih terang dan jelas. :)

Point potensi kelebihan yang "gue banget" adalah administrator, quality controler, treasury, dan analist. Untuk communicator, designer dan server ada namun tidak begitu terasa muncul.

***

Naah untuk pengelompokkan aktifitas berdasarkan SUKA dan BISA ini yang sedikit membingungkan saya.

Setelah daya merenung ternyata banyak aktifitas yang telah direncanakan di NHW sebelumnya yang tidak terlaksana. BUKAN karena TIDAK SUKA ataupun TIDAK BISA. Justru penyakitnya adalah

1. RASA MALAS
2. MENUNDA NUNDA PEKERJAAN
3. MENGGAMPANGKAN PEKERJAAN
4. MENGHINDARI PEKERJAAN

Untuk sebab keempat ini bisa jadi alasannya karena TIDAK SUKA pada suatu aktifitas.

Baik, saya akan coba mencatat 5 aktifitas pada tiap kuadran

KUADRAN 1
SUKA DAN BISA

1. Ngobrol keluarga dan bisnis bareng suami
2. Pencatatan keuangan, foto dan edit foto, melayani klien,
3. Ikut training online
4. Stalking

KUADRAN 2
SUKA DAN TIDAK BISA

1. Marketing, Selling, networking
2. Ikut kajian

KUADRAN 3
TIDAK SUKA DAN BISA

1. Produksi

KUADRAN 4
TIDAK SUKA DAN TIDAK BISA

1. Berpenampilan modis ke undangan atau gathering dll

***

Kemudian saya sertakan disini yang sempat terlintas dalam pikiran saat mengerjakan NHW ini.


0 komentar: