Subscribe:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blog Archive

Jumat, November 24, 2017

Matematika dalam Kegiatan Sehari-hari

Hari ini mulai lebih detil mengamati sekaligus membersamai anak-anak. Satu agenda untuk 10 hari kedepan adalah mendekatkan mereka dengan matematika dalam kehidupan sehari-hari.

Kurang lebih seminggu ini, Fathan mulai senang memegang pensil dan kertas lalu asyik membuat coretan. Hobinya meminta ibu untuk menggambar bis atau pesawat.

Jika hari-hari lalu saya gambar bis atau pesawat dengan mengenalkan suara kedua benda tersebut, tadi siang saya coba menggambar satu bis sambil saya hitung (dengan menyebut saaaatuuuu), lalu bis kedua saya gambar dengan disertai ucapan duuuuuaaaaa). Begitu terus ketika saya gambar pesawat dan mobil. Disertai menyebut saatuu ... duuuaa.

Intinya mencoba mengenalkan konsep bilangan dengan benda ril

***

Sementara hari ini Vira saya coba minta untuk menulis angka 1 sampai 30. Sependek ingatan saya. Vira baru saya contohi sampai 10. Dan luarrr biasa ternya ia sanggup untuk menulis angka 1-30 dengan sangat cepat.

Oya. Satu lagi pelajaran matematika untuk Vira hari ini. Tanpa rencana ternyata Vira mau mengerjakan IXL. Soal tentang genap-ganjil yang dipilihnya. Bapak yang dampingi tadi siang. Lucu juga cara Bapa mengenalkan konsep ganjil-genap pada Vira.

Bapa membuka sepuluh jarinya, lalu 1 untuk ganjil, 2 untuk genap, 3 untuk ganjil dan seterusnya tuker tukeran sampai 10.

Untuk bilangan yang lebih dari 10 maka tinggal dilihat ujungnya. Contoh 234 maka lihat angka terakhirnya yaitu 4 dan angka 4 adalah genap (sambil hitung jari 1 ganjil 2 genap dst)

Oya ini cara "emergency" mengenal ganjil-genap bagi yang belum bisa pembagian. Kedepannya setelah mengerti pembagian harus dikenalkan konsep aslinya bahwa genap adalah bilangan yang habis dibagi 2 dst.

Karena IXL menggunakan bahasa inggris maka tambah vocab Vira. Odd untuk ganjil dan even untuk genap.

Demikian mengenal matematika anak-anak hari ini. Masih belum nyangkut banget sama kehidupan sehari-hari nih :D. InSyaa Alloh besok dicoba lagi

#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs


0 komentar: