Subscribe:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blog Archive

Minggu, November 26, 2017

Kisah Pilus Simping dan Estimasi Tamu

Kegiatan Fathan

Sore tadi kami dapat oleh-oleh dari acara arisan keluarga. Dua diantaranya pilus dan simping. Saya masukkan simping dan pilus dalam satu toples plastik.

Lantas Fathan meminta toples tersebut dan meminta saya untuk membukanya. Dia cicipi beberapa, lalu saya perhatikan dia pindahkan simping ke tutup toples. Saya terus perhatikan tanpa komentar apapun. Satu-satu simping berpindah dari toples ke tutupnya. Sampai akhirnya semua simping berpindah tempat.

Saya baru sadar sekelompok pilus dan sekelompok simping tanpa tercampur satu sama lain ada di depan mata saya. Yeeeeah my baby boy did it. Mengklasifikasi benda sesuai bentuk. Alhamdulillaah

***

Kegiatan Vira

Setelah seru-seruan silaturahim, saya manfaatkan momen tadi untuk mengasah ketepatan Vira mengestimasi.

Saya beri nama "Tebak Jumlah Tamu". Berikut reka ulang percakapan kami tadi sore :

I : "Teh, menurut teteh berapa jumlah tamu yang dateng tadi?"
V : "emmmm .... ga tau, pokonya banyak"
B : "Kira-kira menurut teh Vira berapa orang yang mendekati jawaban yang bener?"
V : "Katanya 15 deh ...."
I : "Oke kita buktikan yuk, tebakan teteh"
I : "Jumlah keluarga kita 5, trus tambah nin jadi 6, tambah keluarga BiH*n* 3 orang keluarga Mang F*j*ar 3 .... Jadi berapa tuh jumlahnya?"
V : "Eh ... Bentar Bu, tebakan Vira ganti bukan 15 tapi berapa yaa? .... 19 deh"
I : Ibu teruskan menjumlah yaa. Yg tadi 12 tambah keluarga BiD*n*y 3 orang trus tambah keluarga wa Asep 4 orang ....,, "

V : "Emmm ... Kayanya Vira ganti lagi deh jawabannya jadi 25 orang"
I : "hahaha ... Udah 3 kali edit jawaban nih. Udah ibu kunci yaa 25 ga bisa rubah lagi "

Lalu ibu terus menghitung jumlah semua keluarga yang hadir. Ternyata angka 25 terlewati. Dan jumlah tamu yang datang adalah 35 orang.

"Pelajaran" mengestimasi ini saya rasakan sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Maka saya ingin latih ketajaman si tengah mengestimasi. Alhamdulillaah langkah pertama telah dimulai.

#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs


0 komentar: