Subscribe:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blog Archive

Minggu, Januari 29, 2017

Kenangan Kampung Halaman

Yang saya sebut kampung halaman bagi saya adalah tanah kelahiran. Tempat dimana saya pertama kali menghirup udara di dunia. Alloh takdirkan saya lahir di sebuah kota kecil di ujung Jawa Barat yang udaranya panas, maklumlah berada di jejeran pantai selatan. Kota Cijulang namanya.

Tak banyak yang saya ingat dan melekat dalam kenamgan. Hanya 1-2 tahun pertama kehidupan saya berada disana.

Kenangan yang masih lekat di ingatan adalah kenangan mudik tiap akhir Ramadhan. Perjalanan yang panjang bisa sampai 10-12 jam perjalanan dalam kondisi menahan lapar karena bertekad tak mau bocor shaum Ramadhan. Tekad begitu kuat karena hadiah istimewa selalu menanti. Ahhh indahnya ....

Suasana akhir Ramadhan di Cijulang Ciamis sana puluhan tahun silam masih terbayang. Para ibu memasak dan saling berkirim makanan di sore hari. Berbuka dengan air kelapa asli yang baru dijatuhkan dari pohonnya. Shalat tarawih yang panjaaaang banget dan setelah beranjak besar baru tahu jumlahnya 23 rakaat :D.

Lebaran diwarnai tabuhan bedug bersahut sahutan. Makanan sisa antar mengantar saat Ramadhan yang tersisa selalu dihangatkan sampai berwarna kehitaman yang disebut balendrang.... dan rasanya bikin kangen sampai sekarang.

Sudah hampir 10 tahun tak pernah berkunjung ke sana. Semenjak kakek nenek dari Bapak dan Mamah sudah tak ada. Kangen juga rasanya.


1 komentar:

chikadzikra mengatakan...

Ayo teh... Liburan lagi ke kampung halaman...