Subscribe:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blog Archive

Rabu, Januari 25, 2017

Jurusan di Universitas Kehidupan

Tugas perdana di Matrikulasi Institut Ibu Profesional batch #3


***

1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini.

Setelah merenung cukup lama saya mendapati setidaknya ada 3 kandidat utama ilmu yang ingin saya pelajari di universitas kehidupan.
Pertama : Ilmu menjadi istri dan menjadi ibu yang profesional.
Kedua : ilmu bisnis dan ilmu keoptikan.
Ketiga : ilmu kepenulisan

Namun sayangnya hanya 1 yang bisa dipilih. Saya paham, tentu agar saya bisa fokus dan mendalam sehingga ilmu yang digali bisa mencapai kualifikasi yang diharapkan.

Pilihan saya jatuhkan pada ILMU BISNIS DAN KEOPTIKAN. Alasannya???? Ada di soal berikutnya :)

***

2.Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut?

Sejujurnya pilihan saya diatas lebih besar didasari oleh "emergency mode" di keluarga kami.

Kami keluarga wiraswasta. Kami juga homeshooler family. Suami dan saya mengelola usaha yang sama. Taqdir Alloh tahun 2013 suami terkena stroke di usia 34 thn. Secara fisik alhamdulillah 90% pulih kecuali stamina. Namun secara mental (stabilitas emosi. psikologis dan motivasi) masih dalam proses recovery dan entah berapa lama pulihnya.
Dengan latar belakang situasi diatas, saya selaku istri terpanggil untuk "menambal" kekurangan kekurangan suami termasuk urusan bisnis. Karena secara ikhtiar, melalui pintu itulah penghidupan kami.

Kebahagiaan saya adalah saat bisa membantu suami menstabilkan kembali perusahaan mungil kami. Membawanya ke kondisi yang lebih berkembang sehingga tugas tugas usaha bisa didelegasikan.

Saya bahagia melihat anak-anak bahagia karena orangtuanya memiliki cukup waktu dan perhatian untuk mereka.

Semoga Alloh memudahkan jalannya.

***

3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?

Ilmu Bisnis
1. Mempelajari ilmu marketing selling dan branding online dan offline dari internet dan sosmed (buat jadwalnya)
2. Mengalokasikan dana untuk training online dan offline (sesuai budget)
3. Mencari ilmu memperluas jaringan (networking) offline dan online sesuai target market

Ilmu Optik
1. Belajar lewat internet (mata, kesehatan mata, perkembangan teknologi optik)
2. Berjejaring dengan pengusaha optik di Bandung
3. Cari ilmu untuk memperbesar dan mempertajam visi dan target

***

4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu, perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut?

Saya tertegun saat mendapat materi ini. Ilmu yang sudah lama tak saya jumpai lagi. Teguran pertama bagi saya adalah bebenah niat dalam mencari ilmu. "Cari ilmu untuk (sekedar) menuh menuhin memori dan memuaskan hasrat atau untuk BEKAL BERAMAL?" Itu pertanyaan yang akan saya tanyakan saat memuai mencari ilmu.

Kebiasaan copas tanpa menyertakan sumber adalah wujud ketidak hormatan pada guru :(. Saya masih terkadang melakukannya. Ini teguran kedua.

Hal lain yang membuat saya tersadar adalah sikap/adab kita dalam mencari ilmu akan jadi role model anak-anak saat mereka mencari ilmu.

Alloh mampukan hamba menjadi teladan yang baik untuk anak-anak.

#NHW1_EvaZakiyahShofa_IIPBandung


0 komentar: