Subscribe:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blog Archive

Rabu, September 18, 2013

Renang ; Manfaat dan Teknik Dasar

Tulisan ini disarikan dari www.anneahira.com.

Kenali Manfaat Bagi Kesehatan 

Renang dikenal sebagai latihan kardiovaskular yang efektif, meningkatkan denyut jantung, membangun ketahanan tubuh dan memperkuat otot-otot. Renang juga merupakan latihan yang baik untuk paru-paru sehingga dapat meningkatkan kapasitas paru-paru.

Sebagian besar olahraga berkonsentrasi pada satu bagian otot saja, sementara renang melatih hampir semua otot sehingga menjadi lebih kuat.

Salah satu fakta kesehatan renang adalah sebagai salah satu cara cepat mengurangi lemak. Ini adalah latihan untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan.

Fakta lain dari renang adalah bahwa olahraga ini dapat dilakukan oleh ibu hamil. Ini adalah latihan cardio / jantung yang membantu sistem kardiovaskular bekerja dengan baik, yang penting untuk perkembangan rahim. juga membantu menjaga berat badan yang sesuai saat hamil. Manfaat lain bagi ibu hamil adalah bahwa renang bisa meningkatkan fleksibilitas tubuh dan melembutkan jaringan tubuh. Manfaat kesehatan lain dari renang adalah membantu kaum calon ibu mendapatkan sisi rileks dan mengurangi stres. Renang juga membantu mengatur pola pernapasan dan meningkatkan aliran oksigen ke otot. Lebih lanjut membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Renang juga dapat membantu mengurangi masalah kesehatan seperti nyeri punggung dan kaki. Salah satu manfaat renang di air dingin adalah membantu merilekskan tulang belakang yang tegang. Karena tulang belakang yang tegang dapat menyebabkan masalah seperti sakit kepala dan kelemahan. Berenang juga dapat membantu menyembuhkan masalah nyeri sendi dan tekanan darah tinggi.

Sangat baik mengajak anak-anak berenang sedari usia dini. Selain untuk melatih ketahanan dan kekuatan fisik, melatih keberanian, kesabaran dan keuletan, reang juga merupakan rekreasi yang menyenangkan bagi anak-anak.


Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari renang, sebaiknya dilakukan secara teratur. Melakukan pemanasan sebelum renang dan melakukan pendinginan setelahnya.


Kenalilah Air 

Hal hal dasar yang harus dilatihkan saat memulai belajar renang

1. Pengenalan air.
2. Memasukkan kepala ke dalam air.
3. Membuka mata di dalam air.
4. Bernapas dengan benar di dalam air.
5. Berlari-lari di dalam air.
6. Menyelam atau memasukkan kepala lebih dalam ke air.
7. Mengapung
8. Melompat ke dalam air.
9. Meluncur di dalam air.
10. Berlatih beberapa gerakan tangan di dalam air.
11. Gerakan kail.
12. Berlatih beberapa gerakan sekaligus.

Teknik Dasar dalam Renang 

Ada tiga hal utama yang harus menjadi perhatian saat pengenalan air, yaitu bernafas dengan benar, meluncur serta mengapung. Ketiga hal tersebut yang selanjutnya akan menjadi dasar dalam belajar renang.

Bernapas dengan Benar.

tidak mudah untuk melakukan teknik bernafas yang benar di dalam air. Saat berada di atas permukaan, udara dihirup dan dihembuskan saat berada di dalam air. Beberapa orang cenderung menahan udara saat di dalam air, dan menghembuskan lagi saat berada di permukaan. Ini merupakan teknik bernafas yang keliru dalam renang. Perlu dilatih juga, saat berenang, udara dihirup melalui mulut dan di dalam air dihembuskan melalui hidung. Ini harus dilatih secara perlahan dan kontinu agar selanjutnya dapat terbiasa.

Meluncur

Setelah menguasai teknik bernafas yang benar, lakukan latihan meluncur. Latihan ini sangat berguna untuk melatih keseimbangan di dalam air. Cara yang mudah untuk belajar meluncur yaitu dengan berdiri menempel ke dinding kolam dalam posisi membelakangi, dengan salah satu kaki menempel ke dinding untuk menolak. Posisi kedua tangan menempel lurus ke atas dengan kedua ibu jari bertautan. Condongkan tubuh ke depan dan menunduk, sekaligus lakukan dorongan menolak dengan kaki Anda. Tahan hingga posisi luncur menurun, baru turunkan kaki dan berdiri lagi. Jangan terburu –buru untuk segera berdiri karena justru akan menyebabkan hilangnya keseimbangan tubuh.

Mengapung

Pada prinsipnya, mengapung adalah berada di pusat titik berat badan dan berpindah ke pusat titik apung. Dalam posisi kepala dibaringkan ke belakang, letakkan punggung dan telapak tangan ke belakang, keluar dari bahu, maka tekanan air akan mulai mendorong tubuh hingga kaki akan naik pada posisi mengapung yang normal.

Jika teknik awal renang telah dikuasai, baru dilanjutkan dengan mempelajari teknik renang gaya tertentu. Untuk pemula, akan dipelajari teknik renang gaya bebas sebelum mempelajari teknik renang yang lain. Renang gaya bebas akan lebih mudah dilakukan karena tidak terikat suatu aturan tertentu. Untuk melakukan renang gaya bebas, kembali melakukan hal – hal dasar yang telah dipelajari sebelumnya, yaitu meluncur. Setelah meluncur, dilanjutkan dengan melakukan gerakan kaki. Dalam posisi menghadap ke dinding kolam renang, gerakkan kaki ke atas dan ke bawah secara perlahan dan bergantian. Setelah itu, lanjutkan dengan berlatih gerakan tangan. Bungkukkan badan ke arah depan dengan kedua tangan lurus ke depan, tarik tangan kanan ke bawah air. Jika telah berada di bawah badan, bengkokkan siku, lalu angkat kembali ke depan. Lakukan secara bergantian dengan tangan yang kiri. Kemudian kembali harus melatih teknik pernafasan Anda. Latihan yang terakhir adalah kombinasi, dimana Anda mula – mula meluncur, kemudian lakukan kombinasi gerakan tangan dan kaki sembari tetap memperhatikan teknik pernafasan yang benar.

0 komentar: